Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya Menurut Ahli Gizi

Penyebab rambut rontok yang dialami oleh masing-masing orang tentunya berbeda-beda, sesuai dengan latar belakang dan gaya hidup seseorang. Permasalahan rambut rontok memang menjadi salah satu masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Rambut rontok sendiri adalah hal yang normal dan biasa terjadi sekitar 50 hingga 100 helai per hari. Namun, jika jumlah rambut yang rontok melebihi angka tersebut, perlu waspada karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau faktor lain yang mempengaruhi kerontokan rambut.


Penyebab rambut rontok pada umumnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, hormon, pola makan yang tidak seimbang, defisiensi nutrisi, dan perawatan rambut yang tidak tepat. 


Supaya Tahu Cara Cegahnya Sejak Dini, Kenali Penyebab Rambut Rontok 

Berikut adalah beberapa penyebab umum rambut rontok dan cara mencegahnya menurut Ahli Gizi Youvit:

  • Pola makan yang tidak seimbang
    Kekurangan zat besi, protein, dan vitamin tertentu dalam pola makan dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok.

    Itu sebabnya, Ahli Gizi Youvit merekomendasikan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi (misalnya, daging merah, bayam, kacang-kacangan), protein (misalnya, daging, telur, kedelai), dan vitamin D (misalnya, ikan berlemak, kuning telur) untuk menjaga kesehatan rambut.

  • Defisiensi nutrisi
    Defisiensi zat besi, vitamin B, vitamin D, vitamin E, dan zinc dapat berkontribusi terhadap rambut rontok.

    Ahli Gizi Youvit merekomendasikan suplementasi nutrisi jika ditemukan kekurangan nutrisi tertentu setelah evaluasi medis dan analisis laboratorium yang tepat.

  • Perawatan rambut yang tidak tepat
    Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras, pemanasan berlebih, atau sikat rambut yang kasar dapat merusak akar rambut dan menyebabkan rambut rontok.

    Ahli Gizi Youvit merekomendasikan penggunaan produk perawatan rambut yang lembut, menghindari penggunaan panas berlebih pada rambut, dan menghindari menarik rambut secara kasar.

  • Manajemen stres
    Stres kronis dapat menyebabkan perubahan hormonal yang mempengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

    Ahli Gizi Youvit merekomendasikan manajemen stres melalui teknik relaksasi, olahraga, tidur yang cukup, dan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan rambut.

  • Konsultasi dengan Ahli Gizi
    Ahli Gizi Youvit dapat membantu dalam mengevaluasi pola makan dan defisiensi nutrisi yang mungkin berkontribusi terhadap rambut rontok. Mereka dapat memberikan saran tentang perubahan pola makan dan suplementasi yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut.

    Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral untuk rambut rontok dalam 1 hari, bisa coba konsumsi YOUVIT Beauti+ #1gummysetiaphari! Vitamin kecantikan dengan kandungan utama vitamin E, Biotin dan Kolin-Inositol ini membantu kamu menjaga kecantikan dari dalam dan pastinya bikin rambut makin sehat dan mengurangi rambut rontok akibat kekurangan nutrisi tertentu! YOUVIT Beauti+ merupakan solusi all-in-one dengan tiga manfaat utama, mulai dari mencegah dan mengurangi rambut rontok, memudarkan bekas jerawat, hingga memperkuat kuku agar tidak mudah patah.