Stop Perawatan di Salon, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara mengatasi rambut rontok ternyata tidak sesulit dan semahal yang dibayangkan. Tidak perlu repot melakukan berbagai perawatan rambut yang mahal di salon. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu sumber penyebabnya.


Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti genetik, usia, hormon, dan kekurangan nutrisi. Itu sebabnya, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk vitamin, guna menjaga kesehatan rambut. 


Catat, Ini Nutrisi yang Bisa Mengatasi Rambut Rontok

Beberapa vitamin menurut Ahli Gizi Youvit yang diketahui dapat membantu mengatasi rambut rontok adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin B kompleks: Vitamin B kompleks, seperti vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folat), dan B12 (kobalamin), berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut. Hal ini dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.
  2. Vitamin C: Vitamin C memiliki peran penting dalam sintesis kolagen dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang membantu rambut tumbuh lebih sehat. Sumber alami vitamin C dapat ditemukan dalam buah stroberi, paprika, atau buah jeruk.
  3. Vitamin A: Vitamin A berperan dalam pertumbuhan sel rambut dan membantu kelenjar kulit memproduksi sebum, yang melembapkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut. Namun, konsumsi vitamin A yang berlebihan juga harus dihindari karena dapat menyebabkan kerontokan rambut. Sumber alami vitamin A mencakup ubi jalar, wortel, labu, bayam, dan kangkung.
  4. Vitamin D: Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Selain vitamin-vitamin di atas, terdapat juga vitamin lain yang memiliki manfaat untuk rambut, seperti vitamin E, zinc, dan omega-3. 


Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral untuk kulit glowing dalam 1 hari, bisa coba konsumsi YOUVIT Beauti+ #1gummysetiaphari! Vitamin kecantikan dengan kandungan utama vitamin E, Biotin dan Kolin-Inositol ini membantu kamu menjaga kecantikan dari dalam dan pastinya bikin kulit wajahmu tambah glowing! YOUVIT Beauti+ merupakan solusi all-in-one dengan tiga manfaat utama, mulai dari mencegah dan mengurangi rambut rontok, memudarkan bekas jerawat, hingga memperkuat kuku agar tidak mudah patah.


Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen vitamin secara langsung, karena dosis yang tepat dan kebutuhan nutrisi dapat berbeda-beda untuk setiap individu.


Penting juga untuk diingat bahwa selain vitamin, cara mengatasi rambut rontok perlu juga diimbangi dengan perawatan dari luar. Perawatan rambut secara menyeluruh, termasuk perawatan kulit kepala yang baik, gaya hidup sehat, dan menghindari faktor-faktor yang dapat merusak rambut, juga merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan rambut.