Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Bisa Bebas Beraktivitas

Tulang merupakan struktur utama dari tubuh kita, oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan tulang. Apalagi seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang cenderung menurun. Kebanyakan dari kita mencapai puncak massa tulang sekitar usia 30. Setelah itu massa tulang dapat terus beregenerasi, tetapi kita berisiko kehilangan massa tulang sedikit lebih banyak daripada yang didapatkan.

Itu sebabnya untuk memiliki tulang yang sehat, ada baiknya kita menjaga kesehatan tulang sejak dini. Cara menjaga tulang agar tetap sehat antara lain dengan menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk aktif bergerak.

Apa Faktor Penentu dalam Menjaga Kesehatan Tulang?

Seberapa besar kemungkinan kita terkena osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh, bergantung pada berapa banyak massa tulang yang dimiliki saat mencapai usia 30 tahun dan seberapa cepat kita kehilangan massa tulang setelahnya. Semakin tinggi massa tulang puncak kita, maka akan semakin banyak massa tulang yang kita miliki di “bank” dan semakin kecil kemungkinan kita terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Berikut sejumlah faktor dapat memengaruhi kesehatan tulang:

  1. Jumlah kalsium dalam diet
    Diet rendah kalsium berkontribusi terhadap berkurangnya kepadatan tulang, pengeroposan tulang dini, dan peningkatan risiko patah tulang.
  2. Aktivitas fisik
    Orang yang tidak aktif secara fisik memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif.
  3. Rokok dan minuman beralkohol
    Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan tulang melemah. Demikian pula, secara teratur minum lebih dari satu gelas minuman beralkohol sehari untuk wanita atau dua gelas minuman beralkohol sehari untuk pria dapat meningkatkan risiko osteoporosis.
  4. Jenis kelamin
    Kamu berisiko lebih besar terkena osteoporosis jika seorang wanita, karena wanita memiliki lebih sedikit jaringan tulang daripada pria.
  5. Usia
    Tulang menjadi lebih tipis dan lebih lemah seiring bertambahnya usia.


Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang, terutama apabila kita masuk ke dalam faktor yang berisiko terkena osteoporosis?

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana dari Ahli Gizi Youvit yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang sedari dini:

1. Cukupi asupan vitamin D harian melalui nutrisi

Sertakan banyak kalsium dalam menu dietmu. Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun dan pria berusia 51 hingga 70 tahun, Angka Kecukupan Gizi yang Direkomendasikan adalah 1.000 miligram (mg) kalsium per hari. Rekomendasi meningkat menjadi 1.200 mg per hari untuk wanita usia 51 tahun ke atas dan untuk pria usia 71 tahun ke atas.

Sumber kalsium yang baik dalam makanan dan minuman terdapat pada produk susu, almond, brokoli, kangkung, salmon kalengan dengan tulang, sarden, dan produk kedelai, seperti tahu. 

Makanan dan minuman harian tentunya sulit untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin D. Itu sebabnya, kita perlu mengonsumsi suplemen.

#AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!


  1. Cukupi paparan sinar matahari
    Selain dari makanan, vitamin D juga dapat dibentuk sendiri oleh tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari. Namun ingat, hindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Berjemur yang Tepat Sesuai Tipe Kulitmu

3. Konsumsi aneka jenis sayuran

Untuk menjaga kesehatan tulang, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C. Hal ini disebabkan karena sayuran yang mengandung vitamin C berfungsi membantu produksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.


  1. Rutin berolahraga

Untuk menjaga kesehatan tulang, sebaiknya rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin, kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh akan terjaga dengan baik. Aktivitas fisik dalam rutinitas harian dan latihan menahan beban, seperti berjalan, joging, dan menaiki tangga, dapat membantumu membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang.


  1. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Untuk menjaga kesehatan tulang, kamu disarankan untuk menghindari rokok dan juga minuman beralkohol karena dapat menyebabkan tulang rapuh. Jika kamu seorang wanita, hindari minum lebih dari satu minuman beralkohol setiap hari. Jika kamu seorang pria, hindari minum lebih dari dua minuman beralkohol sehari.