Super Sibuk? Ini 5 Rekomendasi Olahraga Malam Hari Untukmu!

Rekomendasi olahraga malam bisa menjadi solusi untuk tetap hidup sehat bagi kamu yang bekerja dan tak punya banyak waktu di pagi hari. 

Padatnya aktivitas sepanjang hari ini terkadang membuat kita tidak sempat berolahraga di pagi atau sore hari. Dengan banyaknya pertanyaan apakah sehat olahraga di malam hari, tentu saja jawabannya lebih sehat daripada tidak berolahraga sama sekali. 

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti misalnya hindari olahraga terlalu dekat dengan jam tidur karena akan membuatmu sulit tidur. Selain waktu, perhatikan juga intensitas dan jenis olahraga yang boleh dan sebaiknya tidak boleh dilakukan di malam hari.


Rekomendasi Olahraga Malam yang Aman Dilakukan

Menurut Healthline, rekomendasi olahraga malam hari yang bisa kamu pilih adalah yang memiliki tingkat aktivitas ringan sampai sedang, seperti 5 olahraga berikut ini:

  • Yoga
    Yoga merupakan salah satu rekomendasi olahraga malam hari yang ringan dan aman untuk dilakukan. Selain itu olahraga ini terbilang cukup simpel karena kamu hanya perlu yoga mat dan bisa melakukannya di dalam ruangan yang terbatas. Jika sedang tak ingin menggunakan yoga mat, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan ini di atas tempat tidur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan penat, rekomendasi olahraga malam hari ini juga bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatur pernapasan sehingga tidur pun akan nyenyak.

  • Jalan kaki santai
    Rekomendasi olahraga malam lainnya adalah jalan kaki santai. Berjalan santai merupakan olahraga yang ringan dan baik untuk dilakukan di malam hari, terutama jika kamu lebih banyak beraktivitas di depan laptop dan jarang bergerak pada siang hari. Cukup berjalan kaki selama 30 menitbisa jadi rekomendasi olahraga malam untukmu. Meski terkesan mudah dan sepele, jalan kaki telah terbukti memberikan banyak manfaat kesehata bagi fisik maupun mental, mulai dari membantu menurunkan berat badan, melawan stres dan depresi, hingga sebagai sarana meditasi mengusir pikiran negatif sebelum beranjak tidur.

    1. Latihan pernapasan
      Latihan pernapasan merupakan rekomendasi olahraga malam yang cocok untuk kamu yang sering mager karena tak terlalu melibatkan banyak gerakan dan juga membutuhkan kekuatan otot. Olahraga ini bisa diakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam, lambat, dan berkelanjutan. Setelah menahan napas, buang napas secara perlahan pula. Latihan pernapasan membuat pikiran rileks untuk mempersiapkan tubuh kita beristirahat di malam hari dan beraktivitas kembali keesokan harinya.

    2. Tai Chi
      Tai chi merupakan gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Gerakan-gerakan yang dilakukan menyerupai aliran air yang tenang. Itulah mengapa orang yang berlatih tai chi akan perlahan-lahan memasuki kondisi yang sangat rileks layaknya bermeditasi. Olahraga Thai Chi ini sangat cocok dilakukan di malam hari.

    3. Angkat beban
      Olahraga angkat beban dengan intensitas ringan ke sedang sangat baik bagi kebugaran tubuh. Tak hanya membantu membakar kalori, olahraga angkat beban ternyata juga baik untuk meningkatkan kepadatan tulang bagi wanita dan membantu menurunkan level stres setelah lelah bekerja sepanjang hari. 

    Lalu sebaiknya berapa lama berolahraga di malam hari? Rekomendasi olahraga malam ini baik dilakukan dengan durasi di bawah satu jam dan dilakukan 1,5 jam atau 90 menit sebelum tidur. Dengan begitu, manfaat olahraga di malam hari untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi kecemasan, menormalkan jam biologis tubuh, sampai membantu tidur lebih nyenyak dapat dirasakan.