Manfaat Konsumsi Makanan Gluten Free untuk Kesehatanmu

Makanan gluten free atau bebas gluten memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi penderita penyakit celiac, tetapi juga bagi orang yang sensitif terhadap gluten. Gluten merupakan kelompok protein yang terdapat dalam biji-bijian seperti gandum, jelai, barley, dan gandum hitam. Bagi mereka yang tidak dapat mengonsumsi gluten, seperti penderita celiac atau orang dengan sensitivitas terhadap gluten, menghindari makanan yang mengandung gluten penting untuk mencegah gejala dan masalah kesehatan yang mungkin timbul.


Segudang Manfaat Makanan Gluten Free

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi makanan gluten free:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Mengonsumsi makanan bebas gluten dapat membantu menurunkan berat badan. Ini terjadi karena mengurangi konsumsi sumber gluten seperti roti, kue, mi, dan pasta, dan menggantinya dengan makanan bebas gluten yang sehat. Contohnya adalah nasi merah, sayur dan buah segar, ikan dan daging rendah lemak, kacang-kacangan, produk susu seperti keju dan yogurt, serta akar-akaran seperti ubi dan singkong.

  2. Menambah Berat Badan secara Sehat
    Bagi penderita penyakit celiac, mereka sering mengalami penurunan berat badan yang tidak terkontrol. Makanan gluten free dapat membantu mereka mendapatkan kembali berat badan yang hilang serta nutrisi yang dibutuhkan.

  3. Meningkatkan Energi
    Orang yang memiliki sensitivitas terhadap gluten sering mengalami kelelahan kronis. Mengonsumsi makanan bebas gluten akan memberikan kesempatan bagi usus untuk sembuh dan meningkatkan penyerapan nutrisi, seperti zat besi, yang penting untuk meningkatkan tingkat energi.

  4. Menghilangkan Kembung
    Bagi penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten, mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat menyebabkan gas berlebih dan kembung. Dengan beralih ke diet bebas gluten, perut dapat menjadi lebih rata karena gangguan pencernaan yang disebabkan oleh gluten telah hilang.

    Baca Juga: Jangan Dimakan Berlebihan, Ini Sayuran yang Bikin Perut Kembung

  5. Mencegah Rambut Rontok
    Penderita penyakit celiac sering mengalami masalah rambut rontok. Diet gluten free dapat membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan kesehatan rambut.

Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mencegahnya Menurut Ahli Gizi

Selain manfaat-manfaat di atas, mengadopsi diet gluten free juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan mengurangi risiko terkena osteoporosis serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang. Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang membutuhkan diet gluten free. Jika kamu tidak memiliki penyakit celiac atau intoleransi gluten, tidak ada kebutuhan khusus untuk menghindari gluten dalam makanan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengadopsi diet gluten free.


Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!