Fungsi Makanan Tinggi Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Fungsi makanan tinggi serat seringkali dibahas, terutama bagi kesehatan pencernaan. Kurang serat memang seringkali dianggap sebagai penyebab sembelit atau susah buang air besar (BAB), juga pencernaan tidak lancar yang membuat kondisi perut terasa kembung dan berat.  

Itu sebabnya, fungsi makanan tinggi serat ini menjadi sangat penting dimasukkan ke dalam menu makanan kita sehari-hari. 


Secara umum, makanan tinggi serat dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu serat larut dan serat yang tidak larut dalam air. Serat larut dalam air adalah jenis serat yang dapat berubah menjadi gel ketika bercampur dengan air sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang. Serat larut banyak terkandung dalam kacang polong, buncis, brokoli, apel, jeruk, wortel, dan barley


Sedangkan serat yang tidak larut dalam air akan merangsang gerakan usus dan melancarkan pencernaan. Makanan yang mengandung serat tidak larut dalam air misalnya tepung gandum utuh, bubuk gandum, kacang pohon, kembang kol, mentimun, tomat, dan kentang. Jadi, serat larut maupun serat yang tidak larut dalam air sama-sama penting dan bermanfaat bagi kesehatan.


Selain Cegah Sembelit, Berikut 5 Fungsi Makanan Tinggi Serat Lainnya


Fungsi makanan tinggi serat ternyata tidak hanya mencegah sembelit dan perut begah saja, melainkan ada banyak manfaat lainnya bagi kesehatan seperti:


  1.   Mengatasi penyakit saluran pencernaan  

Konsumsi makanan berserat dalam jumlah yang cukup setiap hari bermanfaat untuk menurunkan peradangan usus, serta dapat membantu pemulihan penyakit saluran cerna lainnya seperti: colitis, ulseratif, penyakit crohn, dan sindrom iritasi usus.  Hal ini terkait dengan kerja bakteri dalam usus yang memanfaatkan serat sebagai bahan baku dalam proses fermentasi.


  1. Membantu menurunkan berat badan

Makanan yang tinggi serat seperti: sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan umumnya memiliki volume yang lebih besar dengan kandungan kalori lebih kecil. Selain itu serat yang ada di dalam usus dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama, kondisi tersebut membuat asupan kalori yang dikonsumsi lebih sedikit. Karena itu makanan tersebut disarankan bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. 


  1. Menjaga daya tahan tubuh

Selain membantu proses pencernaan, serat dapat memelihara mikroba baik di dalam usus. Mikroba inilah yang akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun.  Dengan demikian, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan beragam penyakit.


  1. Menjaga kadar gula darah

Saat ini sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi serat khususnya serat larut memiliki indeks glikemik yang rendah. Konsumsi makanan berserat terutama serat larut bermanfaat untuk memperlambat penyerapan glukosa sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba setelah makan. Karena itulah maka konsumsi serat ini sangat baik bagi penderita diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.


  1. Menurunkan kadar kolesterol

Serat larut yang dikonsumsi memiliki cara kerja mengikat asam empedu dan komponen kolesterol yang ada di dalam tubuh sebelum akhirnya dikeluarkan melalui feses.  Karena itu konsumsi makanan tinggi serat larut bermanfaat untuk menurunkan penyerapan kolesterol tersebut.


Ternyata banyak sekali ya, fungsi makanan tinggi serat bagi kesehatan tubuh! Yuk, biasakan untuk mengonsumsi sumber serat setiap hari.


Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!