Kembalikan Berat Badan Ideal Setelah Lebaran? Ini Caranya!

Libur Lebaran telah usai. Setelah selama seminggu terakhir digempur berbagai makanan penuh santan, tepung, dan gula yang biasanya membuat tubuh menjadi melebar, ini saatnya mengembalikan berat badan ideal dengan cara yang sehat menurut Ahli Gizi Youvit!


Cara Sehat Kembalikan Berat Badan Ideal

Kembali ke aktivitas normal setelah libur Lebaran pastinya bikin deg-degan untuk kembali menimbang badan. Kamu juga merasakan hal yang sama? Ya, tak sedikit yang mengalami kenaikan berat badan usai perayaan Lebaran.

Hal ini terjadi akibat saat Lebaran ada begitu banyak makanan yang membuat kita tak dapat menahan godaan untuk menyantapnya. Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, rendang, dan semur tersaji di meja. Ditambah lagi dengan aneka kue kering tinggi gula dan camilan khas Lebaran yang juga selalu ada di semua rumah.

Siapa yang bisa menahan godaan ini? Apalagi perayaan Lebaran hanya terjadi setahun sekali. Tak heran jika beberapa kebiasaan yang dilakukan saat Lebaran ini otomatis merusak berat badan ideal yang sudah susah payah kita capai sebelumnya.

Tenang, berikut cara sehat yang direkomendasikan oleh Ahli Gizi Youvit bagi kamu yang ingin mengembalikan berat badan ideal usai libur Lebaran.

 

Hindari Camilan

Cara mengembalikan berat badan ideal setelah Lebaran yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi camilan.

Dengan menghilangkan kebiasaan ngemil setiap hari, maka kita hanya akan mengandalkan makan besar tiga kali sehari. Itu sebabnya, secara tidak langsung berat badan kita akan berkurang.

 

Mengurangi gula 

Cara mengembalikan berat badan ideal setelah Lebaran berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan mengandung lemak. Seperti yang sudah kita ketahui, ,akanan manis dan berlemak merupakan salah satu penyumbang kalori pada tubuh.

Jika kamu masih sulit untuk menghindari makanan manis, coba beralih pada buah-buahan yang mengandung gula alami.

 

Makan porsi sedikit tapi sering

Jika kamu termasuk orang yang sulit mengendalikan nafsu makan, coba deh mengembalikan berat badan ideal dengan makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit.

Misalnya kita bisa makan sebanyak tiga kali dalam porsi biasa lalu berikan waktu untuk selingan di antara jam makan besar biasa dan cobalah untuk membagi tiga kali porsi makanan itu menjadi 5 hingga 6 kali dengan catatan porsi lebih sedikit.

Dengan begitu, nafsu makan akan lebih terkendali. Kita pun akan tidak tergoda untuk menyentuh cemilan lagi.

Banyak makan buah dan sayur 

Cara mengembalikan berat badan ideal setelah Lebaran berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga dapat membuat perut kita kenyang lebih lama. 

 

Olahraga

Cara mengembalikan berat badan ideal setelah Lebaran yang terakhir adalah olahraga secara teratur. Dengan olahraga rutin dapat membantu kita menurunkan berat badan lebih cepat dan efektif.

Comments (0)

Leave a comment