Khasiat Natto untuk Kesehatan

Sering melihat konten cara makan natto berseliweran di linimasa media sosialmu? Mungkin natto masih terdengar asing di telinga, namun sebenarnya makanan ini sangat populer di negara asalnya Jepang, lho! Khasiat natto untuk kesehatan pun tak main-main. Sebab, makanan ini kaya akan nutrisi dan enzim yang baik untuk kesehatan tubuh. 


Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan ini memiliki aroma khas seperti keju, tetapi lebih menyengat, berwarna cokelat, dan bertekstur lengket. Di Jepang sendiri, natto biasanya disajikan sebagai salah satu menu sarapan. Makanan ini sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan telur mentah, kecap asin, mustard, maupun irisan daun bawang sebagai pelengkap. 



Ini Manfaat Natto untuk Kesehatan, Baik Bagi Pencernaan!

Penasaran mengapa natto punya segudang manfaat untuk kesehatan? Meskipun ada yang tidak tahan dengan bau dan tekstur natto, pada kenyataannya natto merupakan makanan yang bergizi. Dalam 100 gram natto, terkandung 212 kalori, protein, kalsium, dan zat besi. Natto juga rendah lemak jenuh, sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet.


Saat proses fermentasi, natto menghasilkan enzim bernama nattokinase yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, enzim tersebut diyakini mampu mengencerkan gumpalan darah untuk mencegah atau mengobati beberapa kondisi, seperti hipertensi, angina, dan penyakit arteri perifer. 


Menurut Ahli Gizi Youvit, natto juga mengandung makronutrien yang penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Makanan khas Jepang ini juga diketahui tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.


Berikut adalah beberapa manfaat natto untuk kesehatan:

  1. Menyehatkan saluran pencernaan
    Natto mengandung probiotik yang dapat menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di saluran pencernaan. Dengan demikian, mengonsumsi natto dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan penyakit Crohn.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Probiotik dalam natto juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi, yang berkontribusi pada peningkatan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zat besi dalam natto juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit akibat radikal bebas.

  3. Meningkatkan kesehatan tulang
    Natto mengandung kalsium dan vitamin K2, yang penting untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan bahwa kedua nutrisi ini dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mengurangi risiko patah tulang akibat pertambahan usia.

  4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak
    Mengonsumsi natto dapat membantu memelihara kesehatan dan fungsi otak. Probiotik dalam natto dapat mengurangi stres, cemas, depresi, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD), serta meningkatkan daya ingat.

Buat kamu yang ingin merawat kesehatan pencernaan, kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin.