Mengenal Teh Kombucha, Minuman Sehat Kekinian

Teh telah menjadi bagian dari gaya hidup kita. Di beberapa negara Asia, ritual minum teh bahkan telah menjadi tradisi yang hingga kini masih dilestarikan. Nah, ngobrolin soal teh, ada satu varian baru dari minuman teh yang kini tengah ramai diperbincangkan oleh para penggiat gaya hidup sehat. Minuman itu adalah teh kombucha!

 

Teh kombucha ini merupakan teh fermentasi yang berasal dari China yang kabarnya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit! Betul nggak sih?

 

Banyak orang menyebut teh kombucha sebagai teh jamur, padahal sebenarnya sama sekali tidak terbuat dari jamur. Teh ini merupakan minuman hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba; yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp. Banyak yang salah kaprah menganggapnya terbuat dari jamur, karena pada dasarnya proses pembuatan minuman ini dengan membiarkannya ‘menjamur’ selama 8-12 hari pada suhu 18 hingga dua derajat celcius. Akibat proses fermentasi tersebut, teh kombucha mengandung berbagai zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, dan alkohol.

 

Manfaat Konsumsi Teh Kombucha Bagi Kesehatan Tubuh

Lalu, apa manfaat mengonsumsi teh kombucha bagi tubuh kita? Berikut beberapa diantaranya:

 

Mengandung probiotic

Jika kamu suka minum soda, minuman dengan cita rasa berkarbonasi ini bisa diganti dengan kombucha yang jauh lebih sehat. Minuman ini terbuat dari teh hijau dan hitam yang diberi ragi dan gula untuk membentuk jamur teh. Jamur teh ini digunakan untuk indukan kombucha di kemudian hari.

Mengonsumsi kombucha dalam jumlah yang sesuai anjuran bisa membantumu, khususnya kaum wanita dalam hal pencernaan, lho! 

 

Manfaat teh tidak hilang

Meski difermentasi sehingga secara rasa dan kandungan berbeda, teh kombucha ini masih memiliki manfaat dari green tea. Jadi, meski rasanya agak asam dan memiliki gelembung seperti layaknya soda, manfaat dari teh seperti membantu pencernaan hingga menurunkan lemak di dalam tubuh.

Kombucha biasanya memiliki rasa manis. Nah, kalau kamu ingin menikmati yang asli bisa membuat sendiri sehingga bisa mengontrol kandungan gula yang digunakan.

 

Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan adalah salah satu komponen penting pada kesehatan kaum wanita. Antioksidan dari kombucha cukup tinggi yang membuat wanita tidak akan gampang sakit. Selain itu kalau ada radikal bebas masuk ke dalam tubuh bisa segera diatasi dengan mudah. Mengonsumsi kombucha juga bisa menurunkan risiko inflamasi di dalam tubuh.

 

Mampu membunuh bakteri di dalam tubuh

Mengonsumsi kombucha akan meningkatkan kemampuan tubuh wanita dalam memerangi bakteri. Begitu ada bakteri masuk flora normal akan segera menyerbunya sehingga tidak terjadi komplikasi.

 

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung cukup berbahaya untuk wanita karena bisa membuat mereka mengalami kematian. Kondisi ini biasanya akan semakin tinggi saat wanita hamil. Agar kondisi kardiovaskular membaik, kaum wanita bisa mengonsumsi kombucha untuk tambahan suplemen saja sambil berolahraga dan makan yang sehat.

 

Selain itu menurut Rachel Olsen, Nutrition Expert Youvit, mengonsumsi teh kombucha sangat baik bagi kamu yang gampang jatuh sakit dan terlalu sering minum obat keras seperti antibiotik, karena akan membantu mengembalikan bakteri baik di lambung. “Agar probiotic di dalam kombucha dapat berkerja dengan optimal, coba dipadukan dengan sarapan oatmeal dan pisang yang tinggi serat untuk mendorong proses pertumbuhan bakteri baik tersebut,” saran Rachel.

Comments (0)

Leave a comment