Kenali Lebih Jauh Gejala PCOS pada Wanita

Akhir-akhir ini sering mendengar istilah PCOS berseliweran di linimasa media sosialmu? Gejala PCOS umumnya menyerang wanita dan ditandai oleh beberapa hal yang sangat khas.

Cari Tahu Gejala PCOS, Kamu Mengalaminya?

PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. PCOS ditandai dengan gangguan menstruasi dan kadar hormon androgen yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan ovarium memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan, yang mengakibatkan sel telur tidak berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. PCOS juga dapat menyebabkan ketidaksuburan, serta meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi.


Sindrom ini ditandai dengan gangguan menstruasi dan kadar hormon androgen yang berlebihan. Gejala PCOS dapat bervariasi, dan beberapa gejala yang umum meliputi:

  1. Gangguan menstruasi
    Wanita dengan PCOS sering mengalami periode menstruasi yang tidak teratur atau berkepanjangan. Mereka dapat mengalami haid kurang dari 8-9 kali dalam setahun, dengan jarak antar haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, atau darah menstruasi yang mengalir deras.

  2. Gejala akibat kadar hormon androgen yang meningkat
    Peningkatan hormon androgen pada wanita dengan PCOS dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan rambut yang lebat di wajah dan tubuh (hirsutisme), jerawat parah, dan kebotakan.

  3. Kista ovarium
    Penderita PCOS dapat memiliki banyak kista di ovarium. Kista-kista ini berisi cairan dan dapat terdeteksi melalui pemeriksaan ultrasonografi.

  4. Perubahan warna kulit
    Beberapa bagian tubuh penderita PCOS dapat mengalami perubahan warna menjadi gelap, terutama di area lipatan seperti lipat leher, selangkangan, dan bawah payudara.

Jika kamu mengalami gejala PCOS, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. PCOS yang tidak ditangani dapat menyebabkan masalah kesuburan atau infertilitas karena ovulasi terganggu.


Atasi Gejala PCOS, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Untuk mengatasi gejala PCOS, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Perubahan gaya hidup dan pola makan
    Mengadopsi pola makan sehat dan mengatur berat badan dapat membantu mengurangi gejala PCOS. Memilih makanan rendah lemak, rendah gula, dan tinggi serat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

    Lengkapi kebutuhan nutrisi harian yang seimbang dengan rutin mengonsumsi multivitamin. #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

  1. Penggunaan alat kontrasepsi
    Untuk wanita yang tidak ingin hamil, penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, cincin vagina, suntikan, atau IUD (KB spiral) dapat menjadi pilihan. Selain itu, obat hormonal juga dapat direkomendasikan untuk mengatasi gejala PCOS, seperti hormon progestin untuk melancarkan siklus haid dan mengurangi risiko kanker rahim.

  2. Penggunaan obat metformin
    Metformin, yang umumnya digunakan untuk pengobatan diabetes, juga dapat diresepkan untuk PCOS. Obat ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan masalah kesuburan yang disebabkan oleh PCOS. Metformin juga dapat membantu meningkatkan ovulasi, mengatur siklus menstruasi, mengurangi gejala hirsutisme, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko diabetes gestasional.

Penggunaan obat penghilang rambut
Untuk mengatasi gejala hirsutisme (pertumbuhan rambut berlebih), pengidap PCOS dapat menggunakan obat penghilang rambut seperti depilatori dalam bentuk krim, gel, atau losion. Prosedur elektrolisis dan terapi laser juga dapat dipertimbangkan.