Mau Tetap Sehat di Musim Hujan? Konsumsi 5 Hal Ini!

Menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan sangat penting, khususnya bagi kita yang tinggal di negara tropis. Hal ini dikarenakan saat musim hujan tiba, tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit, mulai dari flu, diare, hingga demam berdarah.

Menjelang musim hujan, terjadinya peralihan musim yang ditandai dengan meningkatnya kelembapan udara dapat membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih lemah, sehingga akibatnya menjadi lebih rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit pun menjadi lebih sering muncul karena kondisi di musim hujan mendukung pertumbuhan virus dan bakteri. Namun jangan khawatir, kamu bisa tetap sehat di musim hujan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian menurut Nutritionist Youvit berikut ini.

Konsumsi 5 Hal Ini Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Tak hanya faktor cuaca, kelembapan udara, serta pertumbuhan virus dan bakteri saja yang menjadi penyebab tubuh seseorang lebih rentan terserang penyakit saat musim hujan. Kurangnya paparan sinar matahari saat musim hujan juga mengakibatkan produksi vitamin D di dalam tubuh menurun. Padahal, vitamin D dibutuhkan untuk mendukung daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi 5 hal berikut ini agar nutrisi harianmu tetap terpenuhi.

 

Sayuran dan buah-buahan

Konsumsi sayuran dan buah-buahan penting agar tubuh tetap sehat di musim hujan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi keduanya membantu kita memulihkan energi. Buah-buahan segar, seperti  mangga, apel, delima, dan pir sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada musim hujan.
Sebaiknya konsumsi buah-buahan potong segar secara langsung dan hindari mengonsumsinya dengan cara dijus untuk menghindari masalah pencernaan akibat air yang terkontaminasi di musim hujan.
Konsumsi sayuran yang banyak dipanen saat musim hujan, yaitu mentimun, terong, buncis, dan wortel, tetapi berhati-hati dalam mengonsumsi sayuran berdaun karena cenderung penuh dengan hama dan dapat menimbulkan masalah pencernaan. Sebaiknya olah sayuran dengan mencuci bersih dan memasaknya di dalam sup–selain menghangatkan tubuh di musim hujan, cara memasak sayuran dengan dibuat sup paling baik karena seluruh kandungan nutrisi dari sayuran tidak akan terbuang dalam proses memasak.

Baca juga: Sayuran Mentah vs Sayuran yang Dimasak: Mana Lebih Sehat?

 

Kurangi konsumsi garam

Bagi kamu pencinta makanan asin, sebaiknya tahan konsumsi berbagai snack yang mengandung garam tinggi seperti keripik kentang atau keripik singkong kemasan. Makanan asin dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, ada kemungkinan berat badanmu bertambah karena mengonsumsi makanan kemasan yang tinggi kalori dan garam memiliki kemampuan menahan air, sehingga banyak penumpukan air di dalam tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan berat badan bertambah.

Baca juga: 5 Tips Praktis untuk Diet Rendah Garam

 

Konsumsi bawang putih dan kunyit

Bawang putih mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan dan mengatur metabolisme tubuh. Kunyit juga dapat menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung kedua bumbu dapur ini agar tetap sehat di musim hujan dan membantu tubuh melawan infeksi umum.

 

Konsumsi minuman herbal 

Merebus jahe, merica, jintan, sereh, merica di dalam air menjadi minuman herbal yang manjur. Mengonsumsi minuman herbal ini saat musim hujan meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal infeksi. Tak hanya di musim hujan, minuman herbal buatan sendiri ini juga dapat dikonsumsi secara rutin, terutama ketika tubuh sedang menurun kondisinya.

 

Konsumsi suplemen penyeimbang nutrisi harian

Meski memiliki resolusi untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari, pada kenyataannya kesibukan sehari-hari membuat kita kesulitan untuk tetap disiplin. Padahal tubuh butuh nutrisi seimbang setiap harinya agar imunitas tetap terjaga. Oleh karena itu, suplemen sangat penting untuk menjaga agar tubuh kita tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya.

#AlamiHebatnya Youvit dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.


Selain itu Youvit hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. Youvit pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment