Resolusi Hidup Lebih Sehat, Lakukan Rutinitas Pagi Ini!

Memasuki tahun baru, banyak dari kita yang membuat resolusi tahun baru. Awalnya dikerjakan semangat, tak sedikit juga yang gagal mencapainya. Resolusi memang merupakan bekal untuk menyambut tahun baru yang umumnya menyangkut pencapaian karier atau perubahan diri yang lebih baik dan sehat. Belum banyak yang memahami, agar dapat sukses mencapai resolusi, diperlukan rutinitas pagi yang disiplin.

Resolusi Tahun Baru yang paling populer menurut situs Forbes berkaitan dengan peningkatan diri (hidup lebih sehat 23%, bahagia 21%, menurunkan berat badan 20%, berolahraga 7%, berhenti merokok 5%, mengurangi minuman beralkohol 2%). Selain itu, banyak juga yang fokus untuk mencapai tujuan karier atau pekerjaan (16%) dan meningkatkan kualitas hubungan personal mereka (11%).

Bagi kamu yang ingin fokus mencapai resolusi hidup lebih sehat tetapi bingung harus mulai dari mana, Nutritionist Youvit punya tips agar kamu sukses tahun ini. Caranya gampang, kamu hanya perlu memulai lakukan rutinitas pagi ini!

Baca juga: Menu Sarapan Sehat dan Praktis buat yang Sibuk

Rutinitas Pagi untuk Hidup yang Lebih Sehat

Minum air putih yang cukup

Hidrasi yang baik akan mendukung transportasi zat gizi lebih efektif, meningkatkan kemampuan mengingat pada otak. Dehidrasi dapat berdampak pada penurunan konsentrasi, kemampuan mengingat jangka pendek, dan penurunan performa harian. Jadi, mulai rutinitas pagi dengan meminum air putih minimal satu gelas.

 

Sarapan

Rutinitas pagi dengan sarapan akan membantu memenuhi kebutuhan energi untuk beraktivitas, membantu otak agar dapat berkerja maksimal, membantu menstabilkan gula darah. Konsumsi makanan yang tidak melalui proses pengawetan (less-processed food), rendah natrium, tidak memiliki rasa tajam, dan tekstur ringan agar tidak menimbilkan rasa tidak nyaman pada perut setelah sarapan sehingga jadi lebih produktif.

Baca juga: Intip 5 Menu Sarapan Sehat ala Selebriti Hollywood

 

Olahraga ringan

Rutinitas pagi dengan melakukan olahraga ringan dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah. Olahraga yang rutin dapat membantu meningkatkan sirkulasi oksigen dan zat gizi ke organ penting seperti jantung dan paru-paru sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan stamina.

Hindari olahraga berat yang membuatmu merasa terlalu lelah karena mengeluarkan banyak tenaga. Berikut beberapa contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan sebelum beraktivitas di pagi hari:

  • Jogging di sekitar rumah sebelum bekerja
  • Menggunakan sepeda statis
  • Berlari atau berjalan cepat di treadmill
  • Yoga untuk menguatkan otot inti dan mengurangi ketegangan sebelum memulai hari

Baca juga: Mengenal 5 Gerakan HIIT Workout: Olahraga Praktis di Rumah

 

Perhatikan apa yang dimakan

Mulai harimu dengan fokus terhadap kualitas asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika bingung harus mulai dari mana, kamu bisa memulainya dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan olahan seperti roti-rotian, gorengan, dan juga minuman bersoda atau yang mengadung tinggi gula. Kamu juga bisa mengganti camilan dengan menambahkan lebih banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan asupan serat makanan dan protein.
Baca juga: Sarapan Mie Instan, Apa Bahaya yang Mengintai?

 

Minum secangkir kopi untuk menyegarkan 

Banyak yang memulai rutinitas pagi mereka dengan secangkir kopi. Minum kopi di pagi hari telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kinerja otak dan suasana hati. Hal ini dikarenakan kopi membantu meningkatkan jumlah neurotransmiter penting tertentu diantaranya adalah memori, suasana hati, dan fungsi kognitif umum. Selain itu, kopi juga memiliki manfaat kesehatan untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berkat antioksidan dalam kopi yang berfungsi mengurangi peradangan dan peningkatan asam nitrat yang melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Meski telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, kamu juga perlu memperhatikan dosis kafein yang dikonsumsi setiap harinya. Terlalu banyak kafein atau tepatnya lebih dari 500-600mg dapat menyebabkan kegelisahan, anggota tubuh mengalami tremor, lekas marah, susah tidur, dan sakit perut.

Baca juga: Pedoman Minum Kopi yang Sehat dan Aman

 

Kini ada Youvit Kafe G gummy yang mengandung 100% AKG vitamin B kompleks dan 15mg kafein alami dari kopi, setara dengan sepertiga cangkir kopi atau setengah cangkir teh hijau. Satu buah Kafe G gummy bisa membantu tubuhmu menghasilkan energi untuk the extra-mile push yang kamu butuhkan. Kembali fokus, tingkatkan mood, jadi rileks, dan pikiran jernih supaya sisa harimu bisa dijalankan dengan sukses. Rasa kopi dari setiap gigitannya akan otomatis memberimu energi, sehingga langsung semangat dan tetap terjaga, dengan cara yang sehat.


Konsumsi Youvit Kafe G gummy kapan saja kamu merasa rendah energi, aman dikonsumsi lebih dari sekali sehari!