Kenali 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Mental

Berkebun untuk kesehatan mental akhir-akhir ini mulai disadari oleh banyak orang, terutama sejak pandemi melanda. Kenyataannya, berkebun tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental seseorang. Aktivitas ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan jiwa kita.


Sehat Jiwa dan Raga, Ini Manfaat Berkebun yang Paling Signifikan

Berikut adalah beberapa manfaat berkebun untuk kesehatan mental, yang ternyata juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Mengurangi stres dan kecemasan
    Berkebun dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengurangi stres. Pemandangan hijau alami dan kegiatan yang melibatkan tanaman dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi perasaan negatif. Sebuah survei yang dilakukan oleh The Royal Horticultural Society menunjukkan bahwa peserta yang berkebun setiap hari memiliki skor kesejahteraan 6,6% lebih tinggi dan tingkat stres 4,2% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berkebun.

  2. Meningkatkan kesejahteraan mental
    Aktivitas berkebun dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Studi menunjukkan bahwa berkebun dapat meredakan kecemasan, stres, dan depresi. Para peneliti menemukan bahwa orang yang berkebun secara teratur dapat mengalami peningkatan kesejahteraan mental.

    Berkebun juga dapat menjadi sarana penyegaran pikiran. Aktivitas di luar rumah, bergerak, dan menghirup udara segar dapat membantu menghilangkan rasa jenuh dan suntuk, serta memberikan pengalaman yang menyegarkan.

  3. Menghubungkan dengan alam
    Berkebun memberikan kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan alam. Hal ini dapat mengingatkan kita bahwa kita bukan satu-satunya pusat alam semesta, melatih apresiasi terhadap keajaiban alam, dan menghormati sesama makhluk hidup.

  4. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Berkebun melibatkan aktivitas fisik seperti menyiangi, memupuk, menyiram, dan membersihkan taman. Seluruh tubuh, terutama tangan dan kaki, akan bekerja lebih keras saat berkebun. Sebuah penelitian dalam jurnal The British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa orang yang aktif melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun memiliki risiko yang lebih rendah terhadap serangan jantung sebanyak 27%.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Berkebun secara rutin meningkatkan paparan sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang penting untuk kesehatan sistem imun. Vitamin D memiliki efek antiperadangan dan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Namun, tetap penting untuk melindungi kulit dengan tabir surya saat berkebun.

#AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.


Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!