Jangan Dimakan Berlebihan, Ini Sayuran yang Bikin Perut Kembung

Setiap orang tentu pernah merasakan kondisi perut kembung. Namun tahukah kamu kalau ada sayuran yang bikin perut kembung? Yup, niatnya ingin sehat, jangan sampai malah jadi sakit karena perut kembung!


Dikutip dari penelitian National Library of Medicine, perut kembung dapat terjadi pada sejumlah orang yang disebabkan oleh gas. Biasanya mengonsumsi makanan dalam porsi besar bisa menyebabkan perut kembung. Namun, jika selalu kembung usai makan, bisa jadi karena salah dalam memilih makanan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan masalah pencernaan, seperti iritasi usus besar, radang usus, sembelit, dan lain-lain. Salah satunya adalah sayuran jenis tertentu. Kok bisa? 


Daftar Sayuran yang Bikin Perut Kembung


Maka dari itu penting untuk memilih makanan yang aman bagi pencernaan. Hal sederhana ini pun bisa mencegah risiko kembung dan penyakit pada alat pencernaan lainnya, lho. Berikut daftar sayuran yang bikin perut kembung menurut Ahli Gizi Youvit dan sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan.


  • Sayuran krusifer (brokoli, kembang kol, kubis)
    Sayuran krusifer seperti brokoli, kembang kol, dan kubis merupakan sayuran yang sehat dan mengandung nutrisi penting seperti serat dan vitamin C. Namun, sayuran-sayuran ini juga mengandung FODMAP (Fermentable Oligosaccharides, Disaccharides, Monosaccharides, and Polyols), yang dapat menyebabkan perut kembung pada beberapa orang. FODMAP adalah senyawa yang memberikan efek osmotik pada usus besar, menarik lebih banyak cairan ke dalam usus dan meningkatkan jumlah cairan dan gas di dalamnya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan sensasi kembung dan sakit perut.
    1. Bawang
      Bawang, termasuk bawang putih, daun bawang, dan gandum, mengandung fruktan yang merupakan serat larut dan dapat memicu perut kembung. Beberapa orang juga mungkin memiliki alergi terhadap bawang putih atau bawang merah, yang dapat meningkatkan risiko perut kembung, sendawa, dan gas. Untuk menghindari perut kembung, kita bisa mengganti bawang dengan daun bawang atau daun kemangi sebagai penyedap masakan.
    2. Kale
      Kale adalah sayuran yang kaya vitamin C dan serat tinggi. Namun, konsumsi kale dalam jumlah besar dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini disebabkan oleh kandungan rafinosa dan fruktan yang sulit dicerna oleh usus. Kandungan ini akan menjadi gas dan menyebabkan perut kembung.
    3. Jagung
      Jagung termasuk jenis sayuran sehat yang tinggi karbohidrat. Namun, jagung kurang baik dikonsumsi secara berlebih karena bisa menyebabkan kembung. Hal ini dikarenakan jagung mengandung jenis karbohidrat yang sulit dipecah oleh tubuh. Sehingga bisa membuat udara dan gas terperangkap dan menyebabkan kembung.

    Lalu sayuran apa yang baik bagi pencernaan dan tidak bikin perut kembung? Ahli Gizi Youvit mengungkapkan bahwa sejumlah sayuran sehat seperti timun, seledri, bayam, dan asparagus baik dikonsumsi dan nggak bikin kembung.


    Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


    Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!