Fakta Oat Milk bagi Kesehatan

Oat milk atau susu gandum kini menjadi minuman populer yang dianggap lebih sehat dan sustainable ketimbang susu sapi. Benarkah begitu? Baru-baru ini ada video TikTok viral mengungkapkan fakta oat milk yang sesungguhnya bagi kesehatan.


Oat milk merupakan alternatif susu yang terbuat dari oat atau gandum. Susu ini menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi mereka yang vegan atau alergi terhadap susu sapi. Oat milk mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Fakta Oat Milk, Apakah Benar Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Berikut adalah beberapa fakta mengenai oat milk bagi kesehatan:

  1. Merawat Tulang
    Oat milk mengandung kalsium dan vitamin D yang berperan penting dalam merawat kesehatan dan kekuatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah kesehatan tulang, seperti pengeroposan (osteoporosis). Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium oleh tubuh.

  2. Menurunkan Kolesterol
    Konsumsi rutin oat milk dapat membantu menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol "jahat" dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa pria yang minum susu oat mengalami penurunan kadar total kolesterol sebanyak 3% dan LDL sebanyak 5%.

  3. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot
    Oat milk yang diperkaya dengan vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium di saluran pencernaan, sehingga memaksimalkan manfaat kalsium. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam oat milk juga dapat membantu kontraksi otot-otot dalam tubuh.

  4. Kaya akan kandungan Beta-Glucan
    Oat milk kaya akan beta-glucan, yaitu serat larut yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol. Beta-glucan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Yang Belum Banyak Diketahui dari Fakta Oat Milk

Meskipun oat milk memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Alergi Gluten
    Oat milk mengandung gluten, sehingga tidak cocok bagi mereka yang memiliki alergi gluten atau penyakit celiac. Orang dengan kondisi ini perlu menghindari konsumsi oat milk untuk mencegah gejala seperti diare, kembung, mual, dan muntah.

  2. Kandungan Kalori
    Oat milk kenyataannya memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis susu non-susu lainnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan asupan kalori jika sedang menjalani program diet atau mengontrol berat badan.

Oat milk dapat menjadi alternatif yang sehat dan bergizi bagi mereka yang ingin menggantikan susu sapi atau mencari variasi dalam pola makan. Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lainnya, penting untuk mengonsumsinya dengan proporsi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.


Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 

Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!