Anak Mogok Makan? Ini Tips Atasi GTM pada Anak

GTM pada anak atau Gerakan Tutup Mulut pastinya membuat Moms pusing ya? Anak yang mogok makan merupakan masalah yang sering dialami oleh para orang tua. GTM pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti rasa bosan, kebiasaan orang tua, picky eater, selective eater, kebiasaan makan yang buruk, masalah kesehatan, gangguan pertumbuhan, atau faktor psikologis. 


Tips Ampuh Atasi GTM pada Anak

Namun Moms jangan khawatir… meski tricky, GTM pada anak, bisa diatasi. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa langkah dari Ahli Gizi Youvit Jennifer Vidya, yang bisa Moms lakukan.


  1. Mencari tahu penyebabnya
    Penting untuk memahami alasan di balik mogok makan anak. Faktor-faktor seperti rasa bosan, kebiasaan makan yang buruk, atau masalah kesehatan bisa menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, Moms dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk mengatasi masalah ini.

  2. Hindari tindakan memaksa
    Memaksa anak untuk makan hanya akan memperburuk situasi. Tindakan memaksa dapat menciptakan ketegangan dan membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar. Sebaiknya, berikan suasana yang menyenangkan saat makan dan berikan waktu yang cukup bagi anak untuk menghabiskan makanannya.

  3. Buat tampilan makanan yang menarik
    Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik, misalnya dengan menggunakan berbagai warna pada hidangan. Kombinasikan berbagai jenis makanan yang sehat dan seimbang dalam porsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

  4. Libatkan anak dalam memilih makanan
    Ajak anak untuk terlibat dalam proses memilih makanan. Berikan pilihan-pilihan yang sehat dan biarkan mereka memilih sendiri. Ini dapat membantu meningkatkan minat dan nafsu makan anak.

  5. Hindari memberikan cemilan mendekati waktu makan
    Meskipun masih satu  jam sebelumnya, sebaiknya Moms tidak memberikan cemilan menjelang waktu makan. Hal ini dikarenakan menjelang waktu makan yang sebenarnya, si Kecil akan merasa kenyang dan tidak ingin makan.

  • Menjauhkan semua distraksi saat makan
  • Biasanya orang tua mengatasi GTM pada anak dengan memberikan tablet, mainan, ataupun ponsel canggih di tengah-tengah aktivitas makan. Namun sebaiknya Moms tidak melakukannya, karena dengan adanya distraksi, anak-anak akan merasa bahwa ia tidak perlu makan dan akan lebih memilih untuk menonton atau bermain.

      1. Berikan contoh yang baik
        Sebagai orang tua, berikan contoh yang baik dengan menunjukkan kebiasaan makan yang sehat. Anak cenderung meniru pola makan orang tua, jadi penting untuk menunjukkan pola makan yang seimbang dan sehat.

      2. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan
        Buatlah suasana makan yang menyenangkan dengan mengajak anak berbicara dan berinteraksi selama makan.

  • Tidak membujuk dengan camilan jika anak tetap GTM
  • Jika si Kecil tetap tidak mau makan dan Moms tidak memarahinya untuk membuat suasana makan tetap menyenangkan, maka lebih baik dibiarkan saja setelah usaha Moms agar si Kecil mau membuka mulutnya beberapa kali tetap tidak membuahkan hasil. Namun perlu diingat, sebaiknya Moms menghindari memberikan camilan sebagai upaya agar aksi mogok makan si Kecil segera berakhir. Hal ini dikarenakan dapat membuat anak berpikir bahwa jika ia tidak makan berat, maka ia bisa mendapatkan camilan yang ia suka. Hal itu dapat membuat kebiasaan GTM anak tidak akan berhenti.

    1. Konsultasikan dengan Ahli Gizi
      Jika masalah mogok makan anak berlanjut dalam waktu yang lama atau jika Moms khawatir tentang kecukupan gizi dan nutrisi anak, sebaiknya konsultasikan dengan Ahli Gizi. Ahli Gizi dapat memberikan saran dan langkah-langkah yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi anak.

    Tingkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan rutin mengonsumsi YOUVIT Multivitamin untuk Anak. Formula baru YOUVIT Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun dengan segala kebaikan alam, mengandung 10 vitamin lengkap yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E, dan 3 mineral Selenium, Iodium, dan Zink untuk meningkatkan imunitas, serta 12 sayur dan buah alami (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga kaya ekstrak Curcuma yang dapat mendukung nafsu makan yang baik. 

    Sama halnya dengan YOUVIT Multivitamin Dewasa, format gummy pada YOUVIT Multivitamin Anak membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang dengan dosis tepat sehingga aman dikonsumsi.

    Keunggulan lainnya adalah YOUVIT Multivitamin Anak hadir dengan tiga rasa berbeda yang enak, yaitu jeruk, nanas, dan strawberry dalam bentuk monster gummy lucu yang aman dikonsumsi setiap hari. Dengan YOUVIT menjadi bagian dari rutinitas harian anak, akan ada lebih banyak anak sehat yang dapat  bertumbuh kembang sesuai usianya, juga aktif dan terasah kreativitasnya. Moms tentu merasa bahagia melihat anaknya sehat, aktif dan bertumbuh kembang secara optimal.